Andil Freeport Indonesia untuk Jembatan Pomako di Papua

by - 22.11.00

Halo semua, postingan kali ini saya akan memberikan sedikit pandangan saya mengenai Andil Freeport terhadap jembatan Pomako di daerah Timika, Papua. Yuk simak sampai habis~

Papua, Pesona Gadis Muda Indonesia
Terletak di timur Indonesia, Papua menyimpan beragam keindahan yang menghipnotis setiap orang yang datang kesana, layaknya gadis yang kecantikannya tiada tara, kawasan itu tersebar di darat maupun di laut penjuru Papua.

Papua merupakan gadis terseksi di Indonesia. Bagaimana tidak, selain wisatanya seperti Raja Ampat, dan Danau Sentani yang mempesona ke penjuru dunia, di pulau ini juga berdiri sebuah perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, PT Freeport Indonesia. Artinya sumber daya alam yang ada di sana sangat melimpah untuk masa depan kita semua.

Sebelum mulai membahas lebih jauh mengenai PT Freeport alangkah serunya jika kita melihat-lihat dulu wisata Papua yang elok nan perawan dimana dengan terbatasnya akses transportasi ke beberapa tempat wisata membuat wisatanya masih alami dan terjaga sampai saat ini. Jadi cocok banget untuk kalian kunjungi dan nikmati keindahan alamnya.

poto diambil dari cnnindonesia.com
Ada Raja Ampat, daerah yang terdiri dari kumpulan pulau kecil dan besar yang terbentang di wilayah Papua Barat. Di balik kumpulan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki beragam kekayaan biota laut yang bisa kalian nikmati saat menyelam. Hayo kapan bikin agenda ke Raja Ampat? mudah-mudahan secepatnya bisa main kesana yaaah. AAMIIN


PT Freeport Indonesia menjadi riasan kemajuan Papua melalui Kontribusinya
Sedikit pasti kalian sudah tau siapa itu PT Freeport Indonesia? Kalau saya sih sejak SD sudah tau siapa itu Freeport, menurut saya mereka adalah penambang emas di surga bumi Papua. Gitu aja, hehe : D

Nah kalau dijelaskan secara mendalam, PT Freeport Indonesia atau disingkat PTFI merupakan salah satu perusahaan tambang terkenal dan maju di mata dunia, dimana PT Freeport Indonesia melakukan suatu eksplorasi & menambang yang terletak di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia.

poto diambil dari www.ptfi.co.id

PT Freeport Indonesia merupakan sebuah perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc. dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (Inalum) yang mempunyai area operasi cukup luas, terbentang dari dataran rendah sampai dataran tinggi di kabupaten Mimika, provinsi Papua, Indonesia.

Berbicara mengenai kontribusi PTFI terhadap kemajuan Papua, kini beberapa terobosan yang dilakukan telah berjalan dengan baik. PT Freeport Indonesia menjadi seorang perintis yang memajukan daerah Indonesia timur sejak 50 tahun yang lalu, saat awal Freeport mulai beroperasi, penduduk yang pada awalnya bermukim jauh dari Freeport mulai masuk ke wilayah sekitar tambang dan kemudian berpengaruh terhadap pertumbuhan penduduk di Timika yang semakin meningkat.

Perlu teman-teman ketahui pada tahun 1970 pemerintah pusat dan PT Freeport bekerja sama membangun rumah penduduk di sekitar jalan Kamuki dan  juga perumahan penduduk di sekitar selatan Bandara yang sekarang menjadi Kota Timika.

poto diambil dari www.ptfi.co.id
Dikutip dari Wikipedia, menurut sejarah pada tahun 1971 Freeport membangun Bandar Udara Timika, dan selanjutnya membangun jalan-jalan utama sebagai akses ke tambang serta jalan-jalan di daerah terpencil untuk akses ke desa-desa di kawasan itu, Presiden Soeharto saat itu menamakan kota yang dibangun oleh Freeport tersebut dengan nama Tembagapura.


Hasil nyata sumbangsih PTFI berupa jembatan Pamako
PT Freeport Indonesia telah melaksanakan suatu program untuk mendaur ulang limbah Tailing sebagai bahan campuran beton dalam pembangunan prasarana lokal. Sejak tahun 2007 sampai tahun 2014, PTFI telah bekerja sama dengan pemerintah Propinsi Papua dan pemerintah daerah Kabupaten Mimika, yang telah menggunakan material Tailing sebagai unsur utama untuk membangun infrastruktur.

poto diambil dari www.tribunnews.com

Infrastruktur yang dibangun baik di internal PTFI maupun juga infrastruktur di PEMDA Papua dan PEMDA Mimika salah satunya seperti jembatan Pomako, dulunya sebelum ada jembatan Pomako, jalur transportasi dari Timika ke Pelabuhan Pamako harus memutar jauh & mengakibatkan terhambatnya kemajuan di daerah Timika. Sejak saat itu jembatan Pamako siap untuk memberikan kontribusi kelancaran jalur transportasi dari dan ke daerah Timika yang kemudian berimbas ke Pelabuhan Pamako agar menjadi Pelabuhan Internasional.


poto diambil dari Twitter Freeport Indonesia

Menurut Bupati Mimika kawasan Pelabuhan Pomako yang menjadi pelabuhan penting dan terpadat di wilayah selatan Papua memang harus dikembangkan menjadi pelabuhan bertaraf internasional. Pasalnya, semua barang kebutuhan pokok masyarakat di wilayah pedalaman Papua disuplai dari Pelabuhan Pomako Timika.


Melirik Kawasan Pelabuhan Pomako
Mungkin beberapa teman disini kebanyakan belum tahu dimana letak persisnya Pelabuhan Pomako itu, Pelabuhan Pomako merupakan salah satu pelabuhan di Kabupaten Mimika yang berlokasi di Kampung Pomako, Distrik Mimika Timur. Pelabuhan ini terletak di pinggir alur sungai menuju Laut Arafura di selatan Papua yang mempunyai kedalaman sekitar 9,6 meter. Lengkapnya bisa cek di Google Maps saja yaa~

Suasana Pelabuhan Pomako (foto diambil dari www.kompasiana.com)

Ruang tunggu penumpang (foto diambil dari www.kompasiana.com)

Penampakan kantor (foto diambil dari www.kompasiana.com)

Terdapat sepuluh jembatan dalam ruas jalan yang menjadi penghubung antara pelabuhan dan pusat pemukiman. Salah satunya adalah jembatan Pomako, yang menjadi poros jalur transportasi & mata pencaharian masyarakat Timika dan masyarakat pedalaman di luar Timika saat menuju ke Pelabuhan Pomako.

Nah, Total sebanyak 1,1 juta ton material Tailing yang telah digunakan dalam proyek pembangunan infrastruktur tersebut dengan biaya sebesar 9,3 juta dolar AS. Pemerintah dan masyarakat setempat memberikan tanggapan menggembirakan, Nantinya PT Freeport Indonesia bermaksud melanjutkan upaya-upaya ini pada tahun-tahun mendatang dimulai pada tahun 2019. Keren kan? Limbah bisa jadi Infrastuktur.

Dengan kontribusi freeport untuk masyarakat yang nyata seperti pembangunan infrastruktur Jembatan Pomako di Papua ini, tentunya telah memberikan Sumbangsih untuk negeri yang bermanfaat. Semoga kedepannya Freeport Indonesia makin jaya!

poto diambil dari www.ptfi.co.id

Sumber : diambil dari beberapa sumber yang tercantum di setiap caption poto.

You May Also Like

0 komentar