Impian Masa Depan Menjadi Nyata dengan Reksa Dana Manulife

by - 10.27.00

Mbak Uniek lagi asik memaparkan materi
Hai Sahabat yang saya cintai, akhirnya kita dipertemukan dengan sehat ditahun 2019 ya, tak terasa berjalannya waktu telah memberikan berbagai macam pengalaman berharga buat kita semua. Dari pengalaman-pengalaman itu, ada satu yang tak terlupakan yaitu sewaktu saya kehabisan dana untuk keperluan kuliah dan makan sehari-hari tahun lalu. Wadidaaw bikin ngeness pokoknya~ Mengingat di Semarang sebagai anak kos yang cuman ngandalin orang tua, huhu~ semua yang pernah merantau pasti ngalamin ini ya~

Ketika mengetahui dana yang dibutuhkan semakin bertambah, maka saya putuskan untuk mencari penghasilan lain, pun karena tidak ingin membebankan semuanya kepada orang tua, jadi ini sudah menjadi keputusan terakhir saya. Yaitu dengan menjadi seorang bloger walaupun saat ini masih menjadi bloger newby. hehe :D
Bloger Newby baru dapet promo belanja online
Dengan menjadi seorang bloger, penghasilan yang saya dapat cukup lumayan buat beli makan sehari-hari, meskipun untuk biaya kuliah masih dibiayai oleh orang tua. Saya juga harus mengelola keuangan saya dengan baik, agar bisa menjadi simpanan jangka panjang maupun keperluan darurat.

Dalam pengelolaan keuangan tersebut, sepertinya saya benar-benar beruntung bisa mengikuti kelas Kopdar Investarian dari Manulife, bisa belajar mengenai apa itu investasi, saham dan obligasi. Saya juga bisa tahu caranya menghitung dan merencanakan keuangan saat mendapatkan penghasilan tetap nanti.

Ngomong-ngomong soal kelas Kopdar Investarian dari Manulife, kalian bisa baca kelas pertama disini : Belajar Investasi Reksa Dana Manulife 

Foto bareng sebelum acara Kopdar Investarian Semarang kedua
Sabtu, 12 Januari 2019 saya datang ke Verve Bistro Cafe yang ada di DP Mall Semarang, acara dimulai dengan materi pertama dari Mbak Nia mengenai Phsycology Of Sharing atau biasa disebut ilmu membagikan informasi kepada public supaya bermanfaat dan memberikan jalan keluar.

Ternyata dalam bersosial media kita juga arus mengetahui peraturan psikologi yang ada, biar apa? Nah, Mbak Nia selaku pembicara menjelaskan akan pentingnya membagikan informasi yang benar dan positif, hal-hal yang bermanfaat maupun menghindari menyebarkan Hoax.

Mbak Nia menjelaskan materi Psychology Of Sharing
Kemudian disambung oleh Mbak Uniek, beliau memberi materi tentang cara review produk dan jasa dalam blog dengan memaksimalkan kemampuan kita. Ada beberapa tips yang disampaikan, salah satunya adalah agar kita tidak asal comot dan tempel informasi produk atau jasa. Melainkan kita harus mengetahui dengan betul apa yang akan kita review.

Berikutnya mengenai typo dalam penulisan di blog, sering banget dapat peringatan dari temen-temen bloger, tulisan yang saya posting ternyata banyak typo nya, padahal udah di cek berkali-kali. :(( minta maaf ya teman-teman, manusia memang tidak ada yang sempurna~ :*

Nah, yang terakhir tentang share di Social Media, ujung-ujungnya nyambung dimateri Mbak Nia. Intinya kita jangan diam saja ketika tulisan sudah diposting, kita harus membagikan postingan itu biar semua orang tahu informasi terbaru dari produk maupun jasa yang kita review.

Mbak Nia masih bersemangat menjelaskan
Acara utama telah tiba, Bapak Legowo Kusumonegoro sebagai Presiden Direktur PT Manulife Asset Management Indonesia yang dulu pernah bertemu di kelas pertama, memberikan sebuah gambaran umum tentang investasi dan menabung atau perbedaannya.

Ilustrasi mengenai investasi, diperumpamakan jika kita sedang belajar menjadi seorang perenang, kita harus menyesuaikan kolam renang yang akan kita pakai, tidak boleh di kolam renang yang terlalu dalam, tetapi juga jangan yang terlalu dangkal, jika kolam terlalu dalam kita bisa tenggelam dan tidak tahu bagaimana cara berenang, terlalu dangkal juga tidak pas, malah jadinya main air doank. :D

Jadi jika kita terapkan dalam belajar investasi, kita harus mengetahui secara dasar dulu baru bisa mencoba investasi yang lebih besar. Secara bertahap, dimulai dari investasi dengan sistem yang mudah kemudian naik dan bisa bermain dengan saham, juga tidak terlalu kecil sehingga tidak hanya main-main saja, kurang lebih maksudnya seperti itu.

Dalam penjelasan  Pak Legowo, atau kerap disapa pak Leg juga memberikan peringatan tentang bahaya inflasi, yang bisa disebut Pak Leg juga si Silent Robber atau pencuri harta kita secara diam-diam. Kenapa bisa disebut begitu? bukan lain karena inflasi sangat merugikan jika kita tidak tahu berapa nilai beli barang akan naik.

Pak Leg, Presdir PT. Manulife Asset Management Indonesia
Tapi apa hubungannya investasi dengan inflasi?

Fungsi dari investasi menjadi salah satu cara untuk menyiapkan dana jangka panjang yang bisa diandalkan, apabila terjadi inflasi. Investasi bisa kebal terhadap inflasi apabila apa yang kita investasikan bisa mengatasi inflasi itu sendiri, secara awam dijelaskan bahwa investasi akan membuat uang kita berkembang dan bisa membeli barang yang sudah terkena inflasi nantinya.

Tentu pilihan yang tepat jika memilih berinvetasi, jika menabung saja, hitung saja tabungan sekitar 1 juta perbulan, dalam satu tahun bisa mengumpulkan 12 juta, tentu masih ada potongan biaya admin dan operasional lain dari bank tempat kita menabung. Pasti malah berkurang ya kan? terkecuali tabungan kita minimal sejumlah ratusan, baru bisa santai-santai yee khan?~

Informasi yang bermanfaat bukan? Antusias banget ketika Pak Leg terus memberikan penjelasan mengenai tetek bengek atau ha-hal yang berhubungan dengan investasi. Mantul Pak Leg~ mantap betul

Mengenai Pengertian & Jenis Reksa Dana

Pada kesempatan ini saya akan jelasin apa itu Reksa Dana dan beberapa jenisnya, mengingat ketika postingan kelas pertama baru mengenal apa itu MAMI dan bahaya hutang jahat. Baik, Reksa Dana adalah alternatif berinvestasi di instrumen pasar modal seperti saham, obligasi, pasar uang.

Dengan cara yang lebih mudah dan terjangkau. Mudah, kalian tidak perlu pusing memilih setiap instrumen, mengelola dan memantau sendiri investasi kita. Karena ada Manajer Investasinya yaitu PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) yang melakukannya untuk kita. Nyaman kan?

Kemudian terjangkau, karena investor dapat berinvestasi dengan nominal relatif kecil. Temen-temen dapat berinvestasi di Reksa Dana Manulife mulai dari Rp100.000,-.

***

Produk Reksa Dana bisa dibedakan menjadi 4 ya, berikut aku jelasin satu persatu.

***

  1. Reksa Dana Pasar Uang,  terdiri dari instrumen surat utang jangka pendek. Atau bisa dikatakan seluruh instrumennya pasar uang, dengan potensi hasil dan kenaikan cenderung stabil. Nah, produk ini sangat cocok buat kalian yang baru mulai belajar investasi nih. Fluktuasinya stabil naik, tidak berubah secara drastis maupun menurun.
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana pendapatan tetap terdiri dari sebagian besar obligasi pemerintah dan korporasi. Karena minimal 80% adalah obligasi. Potensi hasil dan kenaikan bisa dikatakan rendah. Kalau produk ini boleh kalian coba untuk level sedangnya.
  3. Reksa Dana Campuran, Reksadana campuran memiliki komposisi berimbang dari saham dan obligasi. Karena imbang, potensi hasil dan kenaikan lumayan sedang.
  4. Reksa Dana Saham, Reksa dana saham terdiri dari sebagian besar saham. Karena minimal 80% adalah saham, potensi hasil dan fluktuasi sangat tinggi.
Dengan informasi diatas, sekarang kita bisa menentukan jenis Reksa Dana apa yang akan kita pilih. Jadi tergantung dari jenisnya, produk-produk Reksa Dana terdiri dari instrumen-instrumen pilihan yang ditujukan untuk mengoptimalkan imbal hasil dan mengendalikan risikonya.

***

Sudah paham belum teman-teman? 

Oh iya hampir lupa, aku belum jelasin mengenai Saham dan Obligasi, mari kita bahas dulu biar lebih bisa mencerna materi berat selanjutnya. hahaha rasakan! :D

Saham adalah bentuk kepemilikan suatu perusahaan, biasanya dalam bentuk dokumen. Pemilik saham berhak untuk mendapat sebagian dari keuntungan perusahaan (disebut “deviden”).

Obligasi adalah surat hutang, dapat dikeluarkan oleh perusahaan maupun pemerintah, sebagai bentuk peminjaman uang dan sebagai janji untuk membayar kembali sejumlah harga pokok hutang beserta bunganya (disebut “kupon”).

Menuju Impian Menjadi Nyata

Teman-teman pasti punya dong impian masa depan, tapi sebenernya bisa gak sih impian kita terealisasikan? dan apa saja impian yang bisa terealisasikan itu? Apakah mendapatkan istri cantik? Pekerjaan dengan gaji yang tinggi? atau merencanakan liburan ke Eropa?

Dengan berinvestasi dengan Reksa Dana kita akan bisa merencanakan semua itu, apakah bisa terealisasikan? pasti bisa. Karena dalam dunia investasi, inflasi bukan lagi menjadi momok bagi kehidupan mendatang.

Kita harus yakin, mau ngapain, kapan dan berapa yang kita butuhkan.

***

You May Also Like

1 komentar

  1. Udah paham sih, hanya tinggal mewujudkannya dengan melakukan investasi aja. Murah ya bisa mulai dari 100 ribu rupiah

    BalasHapus