Kreatifitas Luar Biasa adalah 4 Tahun Pencapaian Indonesia

by - 22.50.00


Dunia kreatif seperti ini, menuntut kami para milenial muda, untuk berusaha menjadi yang terdepan. Selain harus kreatif kita juga harus melek teknologi informasi digital maupun konvensional. Nah, pas banget nih, kali ini saya berkesempatan mengikuti Flash Blogging bersama Kementerian Informasi & Komunikasi yang di adakan di Semarang.


Tepatnya acara ini diadakan di PO Hotel, Paragon Mall Semarang Lantai 7. Disini banyak teman-teman Blogger yang hadir, tidak ketinggalan para Mahasiswa dan kaum Milenial yang turut mengabarkan berita gembira ini.


Dengan bahagia dan semangat, saya beranjak menuju lokasi dengan pakaian batik ala anak muda. setibanya di tempat acara saya menyempatkan diri untuk menyapa teman-teman yang telah hadir. Saya melakukan absensi yang ada di depan pintu kemudian langsung masuk menuju tempat duduk.
Kebersamaan Blogger Semarang ketika Ber-Foto
Telah ramai teman-teman Blogger dan Mahasiswa di dalam, mereka terlihat bersemangat juga. Duduk dan menyapa teman-teman Blogger, kemudian dipersilahkan untuk mengambil Coffee Break dan juga makanan ringan seperti Lumpia dan beberapa Cake. Wah, penyambutan yang komplit!

Master of Ceremony dengan suara yang menggelagar memberikan sapa salam pembukaan acara Flash Blogging ini, Tema Flash Blogging kali ini adalah 4 Tahun Indonesia Kreatif. Kemudian seperti biasa sebelum acara berikutnya dimulai, kita dimohon untuk beridi menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara pertama oleh Ibu Rosarita Niken Widiastuti, selaku Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Beliau mengutarakan tentang pentingnya berbijak didalam bersosial media, terutama di WAG (Whatsapp Group).
Ibu Rosarita Niken Widiastuti, Dirjen Kementerian Informasi & Komunikasi
Aura pembawaan beliau yang sangat tegas memberikan para audiens sangat antusias mendengarkan, Beliau mengatakan bahwa Potensi Indonesia di tahun 2020 bisa menjadi Negara maju kelima di Dunia. Dengan berbagai aspek di Indonesia yang mulai berkembang pesat, beliau optimis dengan potensi tersebut. Terus sektor-sektor apa aja sih? Mari duduk sejenak dan saya ceritakan penjelasan beliau :
Bidang Olahraga
Berbangga dengan perolehan prestasi di bidang olahraga, karena Indonesia berada di urutan keempat pada ajang Asian Games 2018 kemarin dengan perolehan 31 medali emas. Sejarah terbaru bagi Indonesia di ajang Asian Para Games 2018 yang melampaui target awal dengan perolehan 37 medali emas dan berada di peringkat 5. Keren deh!

Semua keberhasilan tersebut merupakan hasil dari kepedulian Presiden dan Kabinet Kerjanya, yang telah memajukan bidang olahraga dari berbagai sektor. Dengan apresiasi yang diberikan cepat oleh pemerintah terhadap para atlit juga memberikan andil positif terhadap kemajuan bidang olehraga Indonesia. Good Job!

Bidang ekonomi
Angka kemiskinan yang semakin menurun sejak 4 tahun terakhir hingga 9,8% yang sebelumnya 10,2% membuat optimisme masyarakat Indonesia semakin meningkat. Keberhasilan ini tentu karena kebijakan-kebijakan yang tepat yang diterapkan pemerintah. Salah satunya dengan program lapangan kerja di desa-desa.

Pemerintah yang juga fokus ke sektor Sumber Daya Manusia dan keadilan seluruh masyarakat Indonesia, membuat Harga BBM di daerah timur menjadi setara dengan daerah Indonesia Barat dan Tengah.

Bidang Infrastruktur
Genjotan Infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah juga telah memajukan  berbagai sektor baik Pariwisata dan Perdagangan. Pemerintah tidak hanya Jawa-centris saja tetapi Indonesia centris. Contoh seperti kereta api, jalan, bandara dan infrastukrur lain di luar Jawa yang mulai berkembang dan menjadi lebih bagus.

Infrastruktur membaik, berbanding lurus dengan masyarakat yang ikut membaik. Seperti contoh produktivitas makin meningkat dan mendapat keuntungan lebih besar. Tumbuh pula ekonomi di daerah tersebut menjadi stabil meningkat.

Bidang Ekonomi Kreatif
Dalam bidang cyber ada juga pembangunan internet di berbagai daerah di sektor Indonesia barat yang hampir selesai. Indonesia Tengah 80% dan Indonesia timur 50%. Target Pemerintah adalah 2020 semua internet terkoneksi dengan baik. 

Selain itu Pemerintah juga support dan mendukung para penjual UMKM untuk memasarkan produk melalui UMKM go online. Juga adanya pelatihan-pelatihan dengan UMKM.

Banyak hal-hal dalam beberapa tahun belakangan ini kreativitas Indonesia meningkat dari masyarakat Indonesia dengan digitalisasi. Seperti contohnya Gojek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia yang menguasai ekonomi kreatif Indonesia. Dari Kominfo ingin mendorong milenial muda untuk berkarya di era digitalisasi ini. Kominfo pun memberi support dengan beasiswa Digital talent 20.000 seluruh Indonesia.

Harapan Pemerintah yaitu semua lini di desa maupun kota, untuk meingkatkan produktivitas masyarakat di semua level. Negara maju kelima di Indonesia bisa diwujudkan jika kondisi perekonomian yang stabil, damai dan produktif. Penghambat Ekonomi Kreatif ini biasanya karena Toleran, hoax, hasut, mengadu domba. Malah, kitalah sendiri yang menghasut pergerakan ekonomi kreatif di Negara kita sendiri. Cukup miris ya?

Contohnya saham Freeport Indonesia Cuma mendapat 9% pada tahun-tahun sebelumnya. Dengan sekuat tenaga dan kerja keras dari Pemerintah, Indonesia mampu meraih 51%. Sungguh luar biasa kan? Tapi masih saja banyak isu-isu dan berita-berita hoax yang menyesatkan dan membuat kita terpecah belah.

Mari bayangkan : dalam 1 menit informasi di Facebook ada 3,3 juta. Di WA dalam 1 menit beredar info, chat, dan lain sebagainya ada 29 juta informasi bari. Bagaimana jika sebagian besar isinya negatif? Akan mempengaruhi pikiran kita. Situasi di dunia maya mempengaruhi di dunia nyata.
Oleh karena itu, Masyarakat Indonesia harus lebih hati-hati.

Karena apa yang kita lakukan di dunia maya, bisa saja malah menghambat Negara kita tercinta untuk maju. Mari manfaat digital ini untuk hal-hal positif, kreativitas, informasi, dan lain sebagainya. Cukup mudah untuk berkontribusi untuk Indonesia agar damai dan rukun, yaitu dengan : saring sebelum sharing di dunia maya.
Bp. Andoko Darta, Staff Ahli Kementerian Informasi & Informatika
Sesi berikutnya adalah Bapak Andoko Darta sebagai Tim Komunikasi Presiden. Setelah pemaparan tentang pencapaian kabinet kerja pemerintah, sesi berikutnya tentang 4 tahun kreativitas di Indonesia. Saya makin semangat, soalnya ini nih yang saya tunggu-tunggu~Bapak Andoko menjelaskan, kalau Indonesia berada di middle income trap.

Artinya, Indonesia tengah ada di jebakan pendapat Negara dengan kategori kelas menengah. Nah, bila kita terus-terusan di zona ini, maka Negara kita tidak akan berkembang dan malah akan menjadi Negara kecil. Berbicara tentang Kreativitas, di Indonesia sendiri sudah melesat jauh perkembangan kreativitasnya. Salah satunya dengan Ekonomi Kreatif, Pariwisata, Seni dan budaya, dan sektor lainnya.

Berikut saya lampirkan Video sewaktu acara :



Berikut saya lampirkan Foto sewaktu acara :

Saya & Partner Handikoo

Foto Saat Acara Flash Blogging

Tamu Undangan VIP

Bp. Andoko Darta

Ibu Rosarita Niken Widiastuti

Saya, Bp. Andoko dan Handikoo

Sesi terakhir kita diwajibkan menulis dengan waktu yang dibatasi yaitu 2,5 Jam. Terimakasih sudah membaca...

You May Also Like

0 komentar