Belajar Investasi Reksa Dana Manulife

by - 05.37.00

Sampai bertemu lagi di September tahun depan.
Saya mendapatkan ilmu menarik akhir bulan September tahun ini, dengan belajar investasi bareng Blogger Semarang yang diadakan oleh Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) atau Acara Kopdar Investarian Manulife.

Pagi itu, saya datang memenuhi undangan dari Manulife Kantor Kota Semarang, Jalan Pandanaran Nomor 21, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang. Undangan sebenarnya pukul 10.00 WIB tetapi karena ada registrasi sebelum acara maka diharapkan kita bisa datang lebih awal.

Tanggal 30 September 2018, sekitar pukul 09.20 WIB saya tiba di Kantor Manulife Pandanaran. Disana sudah tiba separuh undangan yang sedang duduk menunggu acara dimulai sekaligus teman-teman Blogger yang belum datang.

Acara pun dimulai dengan diawali oleh mbak MC, yang membacakan urutan acara yang akan kita laksanakan. Perkenalkan nama saya bla bla bla, kemudian beliau mempersilahkan peserta yang hadir untuk mempersiapkan diri termasuk registrasi.

Dalam sesi ini saya baru menyadari, yang hadir dalam acara Kopdar Investarian bukan hanya Blogger dari Semarang saja, melainkan dari beberapa Kota disekitar Semarang seperti; Salatiga, Boyolali, Ungaran, Magelang dan Kendal.

Kami pun beramah-tamah sebelum acara dimulai dengan saling sapa, saliman dan menanyakan kabar. Menarik sekali ketika mbak MC memberitahukan bahwa acara Kopdar Investarian ini terdiri dari 4 tahap.

Tahap pertama yang kita laksanakan tanggal 30 september 2018 lalu, sedangkan tahap berikutnya akan dilaksanakan diwaktu yang akan datang. Saya belum begitu paham kapan acara selanjutnya, yang terpenting adalah mempersiapkan diri, untuk belajar tentang keuangan. hehe :D

Menginjak acara pertama, Blogger dan para undangan yang hadir diwajibkan untuk membuka website Menti.com , untuk melakukan survei mengenai keuangan masing-masing. Dimana nanti akan dipresentasikan didepan untuk mengetahui kondisi keuangan para undangan yang hadir.

Setelah melakukan survei, kita diberikan snack box untuk bisa dimakan sembari mendengarkan presentasi. Snacknya enak, bervaran juga, air mineralnyanya dikasih 2, botol dan gelas biasa.

Mas Surya Hadinata, sebagai Sales Manulife perwakilan kantor Kota Semarang, "Mengapa kita ada disini?". Setelah memberi sapa salam, beliau melanjutkan untuk membuka acara Kopdar Investarian yang diadakan di kantornya.

Sembari memperkenalkan diri, membuka materi dalam acara dan menjelakan pentingnya menabung dan investasi dalam kehidupan masa depan. Bagaimana seseorang bisa melek tentang menabung dan investasi.

"Mari kita membuka mata dan telinga, ketahui efektifitas menabung dan investasi dengan semua keuntungannya", Pungkas mas Surya.

Blogger Semarang sangat berkemajuan dalam berbagai lomba dan acara. Termasuk acara Kopdar Investarian ini, Titik Tengah Partnership juga berkesempatan memberikan materi untuk sesi selanjutnya.

Mbak Nia Nurdiansyah dan Mbak Ira Sulistiana sebagai pengurus Titik Tengah (Komunitas yang memberdayakan Blogger dengan berbagai acara), mereka turut mengundang narasumber kedepan podium dengan Blogger berprestasi, yang bisa memotivasi Blogger lain agar bisa selalu berinovasi.

Ilmu yang bermanfaat tidak sekedar belajar, melainkan dengan saling bertukar pendapat serta pengalaman. Memberikan beberapa tips kepada sesama Blogger menjadi inti dari sesi ini.

Narasumber pertama dari Mbak Ika Puspita, Blogger satu ini terkenal dengan berbagai review produk yang sudah mencapai puluhan hingga ratusan review. Tertarik, Tekun dan Sabar adalah kunci selama melakukan review produk.
Setelah Mbak Ika, Pak Don Suke (nama sapaan) atau Pak Sritono Suke, memberikan saran dan sedikit bercerita tentang kemajuan akun Seputar Semarang, yang dulu hanya sekedar iseng membahas apa saja yang baru di Semarang, sekarang telah menjadi akun yang besar dan terpecaya di Semarang.

Berbicara tentang lomba, master lomba asal Semarang ini tidak luput diundang maju kedepan podium. Mbak Ika Hardian Aksari dan Mas Handiko Rahman Pebrianto, mereka berdua menjelaskan tips secara gamblang kepada peserta Kopdar Investarian. "Salah satu yang paling penting dalam mengikuti lomba adalah mengetahui karakteristik dan selera juri lomba", Penutup dari Mas Handiko.

Acara utama dari Kopdar Investarian ini ketika Presiden Direktur PT. MAMI Bapak Legowo Koesoemonegoro memaparkan materi dari Manulife Asset Management Indonesia (MAMI), datang langsung dari kantor Manulife pusat yang berada di Jakarta, Pak Leg (nama sapaan) sudah memulai memberikan materi.

Dengan pertanyaan pengantar, "what have you done with money?".

Segala aktivitas yang kita lakukan pasti membutuhkan uang, termasuk sekedar ke toilet umum. Lalu apa maksudnya? Sementara Pak Leg melanjutkan kalimat berikutnya, "bermimpi itu bagus, tetapi jangan sampai berkhayal, bermimpi harus bisa kita jangkau".

Dalam kalimat diatas, bisa kita lanjutkan maksud dari Pak Leg, dalam kehidupan sehari-hari ketika kita berusaha bekerja apapun untuk mendapatkan uang, sedangkan kita belum tahu mau dikemanakan semua uang kita nanti? dihabiskan atau ditabung?

Contoh kedua, ketika ada diskon besar-besaran untuk produk tertentu, maka apa yang kita lakukan? membelinya atau membiarkan saja? Dari penjelasan Pak Leg, kita harus memanfaatkan apa yang ada seperti barang prioritas dan menduakan barang sekunder jika belum memerlukannya. Karena apa yang kita butuhkan saat ini lebih penting daripada barang diskon yang tidak berguna ketika kita beli.

Dijelaskan juga tentang apa itu yang dimaksud hutang baik (produktif) dan hutang jahat, hutang baik atau hutang produktif adalah hutang untuk memberikan keuntungan terhadap diri kita juga bisa membayar cicilan hutang secara langsung atau jelas dalam membayar cicilan. Contohnya hutang produktif, ketika kita membeli rumah atau sebidang tanah dimana akan dibuat sebagai rumah kos atau kontrakan, maka secara langsung uang akan kembali untuk membayar cicilan hutang tersebut.

Sedangkan hutang jahat bisa saja seperti berhutang hanya untuk dikonsumsi dan tidak menghasilkan.

Investasi masa kini, banyak pilihan untuk kita melakukan investasi. Misalnya saja kita membeli rumah, tanah, emas atau perhiasan, properti dan saham. Dalam melakukan investasi, bukan hanya banyaknya biaya yang dibutuhkan untuk memulai investasi, melainkan juga hasil yang didapatkan diakhir juga harus mendapatkan untung yang banyak.

Jika diumpamakan seorang investarian pribadi, memulai investasi sendiri dan menuainya sendiri, pasti hasilnya juga tidak akan sebanyak yang diinginkan, kecuali bersabar dan tekun. Tetapi hal itu jarang terjadi pada masyarakat umumnya.

Hal ini membuat Reksa Dana memberikan solusi terbaik Investasi dengan hasil yang menjanjikan, dengan sistem penggabungan dana dari investor, dikelola secara profesional oleh manajerial investasi sehingga mendapatkan hasil yang lebih optimal serta menjanjikan. 

Kembali pada mentor Sales Manulife kantor Kota Semarang, Mas Surya Hadinata. Beliau memaparkan keberhasilan yang telah dicapai Manulife Asset Management Indonesia (MAMI). Terdapat lebih dari 90 manajerial investasi di Indonesia, yang mengelola dana investasi dari 800 ribu investor lebih.

Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) sudah beroperasi kurang lebih 19 tahun di Indonesia serta berada dalam 3 teratas manajerial investasi terbesar di Indonesia dan lebih dari 200 ribu investor memberikan kepercayaan terhadap Manulife untuk mengelola dananya.
Sesi terakhir sesuai kesepakatan diawal ketika Mbak MC menjelaskan, pada akhir acara akan ada pengumuman postingan sosmed terbaik selama acara. Mbak Archa Bella, Mbak Cheila dan Pak Nauzul berhasil mendapatkan hadiah.

Acara ditutup dengan foto bersama dan para peserta diberikan souvenir dari Manulife sebagai kenang-kenangan.

You May Also Like

4 komentar

  1. Aku uda mau nabung reksadana ah di MAMI buat jjs ke singapore

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udah punya mbak un, masa depan menjadi lebih cerah

      Hapus
  2. Nabung pintar pilihnya Reksadana Mami aja ya, aku pun udah mulai buka rekening

    BalasHapus
    Balasan
    1. bermanfaat banget ya Bu Wati, bikin hati adem ayem

      Hapus