Dialog Nasional Indonesia Maju Ke 12 di Semarang

by - 23.21.00


Dengan penuh semangat pada hari selasa, 16 mei 2018 saya menyiapkan diri untuk mengikuti acara Dialog Nasional Indonesia Maju Ke 12 yang diadakan di UTC Semarang. Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB itu sangat memberikan gairah untuk saya mempersiapkan diri dengan baik, karena acara itu akan dihadiri oleh 3 menteri kabinet kerja dari kepemimpinan Bapak Joko Widodo. yaitu Menteri Perhubungan, Menteri Perdagangan & Menteri Sosial. Waah saya sangat tertarik :D

Setelah saya tiba disana, sudah banyak peserta yang hadir dan tidak luput dari semangat serta rasa ingin tahu bagaimana rasanya pertama kali melihat dan bertemu seorang menteri yang selama ini biasa mereka lihat melalui televisi saja. Jujur, walaupun saya sudah bertemu dengan beberapa menteri kabinet kerja tetapi tetap saja pada saat acara ini saya masih penasaran bagaimana rasanya bertatap muka langsung dengan beliau  disana.

Dan taraa, sebelum saya menceritakan acaranya, boleh donk saya memamerkan foto saya dengan bapak menteri perdagangan RI, Bapak Drs. Enggartiasto Lukita.


Tahun 2018 adalah tahun yang membanggakan untuk hasil kerja menteri kabinet kerja bentukan Bapak Presiden Joko Widodo, apalagi hasil pekerjaan yang dilakukan oleh kementerian yang sangat strategis posisinya yaitu kementerian perhubungan dan perdagangan. Mari kita ambil salah satu contoh dari pengamatan kita sehari - hari, harga bahan pokok dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 sepertinya tidak ada kenaikan atau bisa dikatakan stabil walaupun mendekati bulan ramadhan atau lebaran.

Dari pencapaian diatas, kementerian kabinet kerja bermaksud untuk mengajak semua kalangan masyarakat untuk bisa membantu menstabilkan hasil kerja yang telah tercapai dengan mengadakan acara Dialog Nasional Indonesia Maju.


Pembangunan Transportasi Makin Baik


Bp. Ir. Budi Karya Sumadi turut menyampaikan berbagai pencapaian yang diraih oleh kementerian perhubungan yang selama ini beliau pimpin, berikut sambutan dan pencapaian hasil kerja di Jawa Tengah dari Bapak Menteri Pehubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi :


1. Upgrade Bandara Ahmad Yani SemarangBandara kebanggaan kota Semarang ini telah dibenahi dengan memperluas hingga 9 kali lipat dan diperkirakan mampu menampung hingga 9 juta penumpang per tahun (sebelumnya hanya 800 ribu). Bandara ini akan segera diresmikan saat menjelang Lebaran besok.

2. Target Jalan Tol
Guna memperlancar distribusi logistik serta sarana transportasi, pemerintah telah menargetkan pembangunan jalan tol sepanjang 1800 km hingga tahun 2019. Jawa Tengah dalam proses dan sedang dalam tahap pembangunan. Salah satunya ruas jalan tol Semarang-Boyolali-Solo yang akan segera dibuka untuk umum.

3. Mudik Gratis via jalur laut
Kementrian Perhubungan akan mengadakan program mudik gratis 2018 bagi siapapun melalui jalur laut. Program ini diharapkan dapat mengangkut 15.200 unti sepeda motor dan 30.400 penumpang. Yap benar, tidak hanya penumpang namun kendaraan pun bisa diangkut gratis. Selain itu, dari segi kenyamanan dan keamanan pun tak luput dari perhatian pemerintah. Info lengkapnya bisa kamu cek disini http://mudikgratis.dephub.go.id/

4. Pembangunan Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga
Presiden Joko Widodo beberapa bulan yang lalu meresmikan pembangunan bandara di Purbalingga, sebagai sarana kebutuhan transportasi udara di wilayah selatan dan barat pulau Jawa. Rencananya pembangunan ini akan selesai akhir tahun 2019



Harga Bahan Pokok Stabil



Pembicara selanjutnya adalah Bapak Enggartiasto Lukita, selaku Menteri Perdagangan yang turut serta hadir dalam acara Dialog Nasional ini. Kerja Menteri ini totalitas, karena sebelum menghadiri acara ini beliau melakukan kunjungan ke Pasar Karangayu untuk memantau stok serta harga bahan kebutuhan pokok.

Pak Menteri Perdagangan ini menyampaikan perintah langsung dari pak Presiden untuk menurunkan harga bahan pokok saat lebaran tiba, yang mana harga pasti akan selalu naik drastis. Namun tahun ini, adalah tahun yang membahagiakan karena untuk pertama kali harga HET (Harga Eceran Tertinggi) stabil dan tidak naik. Hal ini merupakan salah satu wujud keberhasilan konektivitas antar wilayah dalam rangka menurunkan biaya logistik.

Satu lagi, Pak Menteri menegaskan untuk para pedagang nakal, yang menimbun bahan pokok akan ditangkap dan dikenai hukuman seberatnya sesuai ketentuan. Jadi hati-hati ya, karena pemerintah akan tegas dalam hal ini.

Sesi dialog Bapak Menteri Perdagangan diakhiri dengan kuis tanya jawab berhadiah laptop serta modal bisnis bagi penonton. Antusias penonton semakin meninggi, apalagi semangat ibu-ibu yang tampak heboh berlarian ke atas panggung. Ekspresi bahagia terpancar jelas dari para pemenang yang membawa pulang hadiah laptop serta uang tunai titipan dari Bapak Presiden.

Menyejahterakan Masyarakat


Pembicara terakhir adalah Menteri Sosial RI, Bapak Idrus Marham yang baru saja dilantik bulan Januari lalu. Meskipun terbilang junior, namun pengalaman serta kemampuan beliau tidak boleh dipandang sebelah mata. Beliau menempuh pendidikan S2 di IAIN Walisongo Semarang dan menyabet gelar doctoralnya di UGM Jogjakarta. Karena beliau menempuh pendidikan di Jawa Tengah, beliau tahu betul banyak potensi dari mahasiswa yang ada di Semarang maupun Jawa Tengah dan berpesan untuk selalu berkontribusi dan menjadi pribadi yang positif.

Beliau bertutur dengan semangat dan enerjik, menyampaikan bahwa Kementrian Sosial selain memberi santunan kepada korban bencana alam dan tragedi kemanusiaan juga memiliki Program Keluarga Harapan untuk Mengurangi Kemiskinan yang terus digalakkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dalam program ini ada beberapa sub agenda yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera (Rastra), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Beliau juga mengajak semua mahasiswa yang hadir maupun yang ada di luar sana, untuk menjadi generasi penerus bangsa yang positif dengan memberikan dampak yang berarti bagi bangsa Indonesia, bukan malah membuat Indonesia makin terpuruk. Mahasiswa adalah harapan penerus bangsa, jadikan bangsa Indonesia makin maju! Bangsa yang maju berbanding lurus dengan masyarakatnya yang sejahtera.


Antusiasme Tinggi


Serangkaian acara Dialog Nasional Menuju Indonesia Maju ke-12 di Semarang ini sangat meriah, terlihat dari antusiasme dari sekitar 3000 penonton dari berbagai kalangan, berbaur menjadi satu untuk menyaksikan dialog para kabinet Menteri ini. Mayoritas penonton dihadiri oleh masyarakat umum yaitu Ibu-Ibu, pun setengah barisan penonton juga diisi dengan Mahasiswa Semarang dari berbagai Universitas. Suasana semakin meriah tatkala pembagian hadiah berupa laptop serta uang tunai, satu gedung penuh suka cita. Siapa yang tak mau hadiah gratis dari pak Menteri? Saya mau! Sayang, saya selalu telat maju.

Setelah Semarang, Acara Dialog Nasional menuju Indonesia Maju yang ke-13 rencananya akan menyambangi kota Salatiga setelah lebaran. Buat masyarakat serta mahasiswa Salatiga, siapkan diri dan mental buat ketemu pak Menteri dan hadiahnya yak!

Akhir kata, dari acara ini saya mendapat banyak sekali pengalaman serta ilmu baru, pun harapan baru untuk Indonesia Maju.

You May Also Like

0 komentar