Destinasi Paling Menarik Di Solo dengan Airy Rooms #KapanAjaBisa

by - 09.47.00


Salam traveling untuk kita semua. Apa kabar kalian?

Kali ini aku akan menulis cerita lengkap tentang perjalanan wisata menarik bagiku di kota Solo. Adakah kalian yang pernah datang ke Solo? Pasti sudah dong, Solo merupakan kota sekaligus tempat wisata yang lokasinya sangat strategis dan sering kita lewati ketika akan menempuh perjalanan dari Jawa Barat menuju jawa Timur atau sebaliknya, karena lokasinya ada di tengahnya.

Solo adalah salah satu dari berbagai kota di Indonesia, yang masih mempertahankan sistem kerajaan untuk terus melestarikan budaya yang diwariskan sejak jaman para leluhur terdahulu. Kerajaan yang ada di Solo tidak secara resmi memimpin Pemerintahan yang ada saat ini, hanya saja untuk menjadi pemangku adat kebudayaan yang ada di pulau Jawa.
Ini yang menurutku menarik, yaitu cara Pemerintah kota Solo untuk melestarikan budaya yang ada saat ini yaitu menjadi kota seni dan budaya dengan tetap merawat bangunan-bangunan bersejarah dan tradisi sakral sehingga kita masih tetap menikmati kebudayaan yang memiliki nilai-nilai luhur tradisi.

Namun bukan hanya menikmatinya saja, kita harus ikut serta melestarikan dan menjaga kebudayaan tersebut lho. Salah satunya, dengan mengulik wisata sejarah yang ada di kota ini.

Destinasi Paling Menarik di Solo

Ketika akan pergi ke Solo, Aku punya banyak sekali rencana tujuan wisata yang menjadi langganan liburanku setiap tahunnya. Kenapa bisa jadi langganan? Apa gak bosen setiap tahun berlibur ke tempat yang itu itu saja? atau mungkin karena ada sesuatu yang membuat selalu ingin berlibur ke tempat yang sama?

Jawabannya cukup simple, karena Solo selalu punya daya tarik sendiri yang memikatku untuk selalu datang. Budayanya, seninya, orang-orangnya yang ramah dan masih banyak hal lain yang membuatku cinta sama Solo. :D

Oleh karena itu, minggu lalu aku menyempatkan diri untuk explore wisata menarik yang ada di Solo. Tempat-tempat ini punya banyak cerita di dalamnya, yang aku harap kalian bisa berkunjung juga lain waktu. Jadi, mari simak ceritaku!

1. Pagelaran Wayang Orang Sriwedari


Beberapa dari kalian pasti sudah bosan dengan pentas kesenian dan sejenisnya, bagiku sangat menarik dan bermanfaat besar demi pengenalan dan pelestarian keberagaman budaya yang kita punya. Karena siapa sih yang mau jika kebudayaan milik kita diakui oleh bangsa lain? tentunya enggak mau kan? Oleh karena itu, aku memberi saran destinasi paling menarik bagiku salah satunya adalah disini, Pagelaran Wayang Orang Sriwedari.

Pagelaran Wayang Orang yang ada di Sriwedari Solo merupakan salah satu kesenian budaya yang dilindungi oleh Pemerintah. Dalam hal ini,. Pemerintah Kota Surakarta memiliki peran yang besar dalam melestarikan kesenian Wayang Orang Sriwedari. Sejarahnya, Wayang Orang Sriwedari pernah mengalami pasang dan surut dalam pertujukan yang dialami dalam beberapa tahun setelah kejayaannya menghibur masyarakat Kota Solo.


Dalam alasan apapun, kita sebagai orang Indonesia yang terbukti mempunyai beragam kebudayaan dan kesenian yang melimpah, tetap harus menjaga kelestarian budaya dengan cara apapun termasuk dengan mengunjungi wisata budaya, seperti di Sriwedari ini. 

2. Pusat Cinderamata Batu Mulia Alun - Alun Lor 


Pasar Cinderamata Batu Mulia yaitu salah satu pasar tradisional Kota Surakarta yang ada di kawasan cagar budaya dan pariwisata Keraton Kasunanan Surakarta. Pasar ini berdiri diatas tanah milik keraton. Bangunan pasarpun masih asli seperti dulu dan dekat dengan alun - alun lor. Dijadikan sebagai bangunan cagar budaya, untuk itu tidak boleh ada yang merubah bentuk kecuali hanya perbaikan-perbaikan bagaian yang sudah rusak.


Pasar ini merupakan pasar barang antik atau tempat mencari barang-barang koleksi jaman dulu seperti batu mulia, keris, tombak, dan pusaka Lainnya. Pasar Cinderamata sendiri buka setiap hari, namun aktivitas paling ramai pada hari Sabtu dan Minggu karena rata-rata pembeli di pasar ini merupakan orang-orang luar Kota Surakarta yaitu para kolektor benda pusaka atau bisa juga para traveler.

3. Jajanan Pasar Tradisional
 
Selain terkenal dengan wisata budayanya, Kota Solo juga cukup terkenal dengan wisata kuliner tradisionalnya. Nah, jika kalian ingin berwisata kuliner di Kota Solo maka kalian bisa berkunjung ke Pasar Gedhe yang berada di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Kepatihan Wetan, Jebres, Kota Surakarta. Disana kalian bisa menemukan beragam kuliner khas Solo terjaga kelestariannya sampai sekarang. Mau tahu apa saja? Simak ulasan nya berikut ini ya!

~ Cabuk Rambak ~
 

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Kota Solo belum mencicipi kuliner khas yang satu ini yaitu Cabuk Rambak. Kata Rambak memang cukup sering terdengar di beberapa daerah di Jawa, namun kata Cabuk masih sedikit terasa asing terdengar di telinga. Cabuk rambak merupakan kuliner yang berisi lontong dan kerupuk karak.


Meskipun bernama cabuk rambak, namun tak ada rambak (kerupuk kulit) dalam hidangan yang disiram dengan saus wijen dan parutan kelapa yang disangrai ini. Wah, boleh sekali jika kalian ingin mencoba nya, dijamin semakin menambah wawasan kuliner tradisional kalian. Lokasi pedagangnya berada di pintu masuk sebelah barat Pasar Gedhe.

~ Dawet Ayu Telasih Bu Dermi ~


Banjarnegara, Tegal dan Jepara memang memiliki es dawet khasnya namun Kota Solo juga memiliki es dawet khas yaitu Es Dawet Telasih. Bedanya es dawet Solo memiliki isian yang cukup lengkap dan unik seperti tape hijau, bubur sumsum, biji selasih sekaligus cendolnya. Nama Telasih sendiri diambil dari nama biji selasih yang digunakan. Es Dawet Telasih sangat cocok dinikmati pada siang hari saat matahari sedang terik.


Nah, untuk penjualnya bernama Bu Dhermi. Terfavorit aku yang ini yee!. dan menjadi langganan Pak Jokowi sehingga dawet ini sangat terkenal di kawasan Pasar Gedhe, oiya untuk lokasi berada di pintu utara Pasar Gedhe.

~ Ramuan Jamu Tradisional ~


Minuman khas Solo ini lebih sering di kenal sebagai jamu. Dulu banyak penjaja jamu kencur yang berkeliling di daerah Solo. Tapi sekarang akan agak sulit menemukannya. Aku sangat beruntung bisa menemukan pedagang jamu satu - satu nya yang ada di kota budaya ini.
Beliau sudah simbah (nenek) menjajakan jamu racikan sendiri. Lokasi berada di pintu masuk museum Keraton Surakarta. harganya pun cukup murah, mulai dengan 2 ribu rupiah sampai 5 ribu rupiah.

~ Es Puter Keliling ~


Es Puter merupakan minuman Khas Solo, Jawa Tengah, Indonesia, Es Puter Khas Solo ini terbuat dari Santan atau bisa Susu kental. Memang sih makanan yang satu ini banyak disukai, karena cita rasanya yang memang enak maka dari itu makanan ini menjadi suatu sajian favorit bagiku.

Minuman Es Puter Solo dapat kalian temukan di sekitar keraton atau sekitar jalan slamet riyadi Surakarta, saat ini es puter juga dapat kalian temui di berbagai kota di Indonesia, terutama kota-kota di pulau Jawa, Khususnya Jawa Tengah.

4. Megahnya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat


Inilah sebuah simbol dan cikal bakal Kota Surakarta atau dikenal dengan The Spirit of Java. Keraton Surakarta Hadiningrat adalah sebuah tempat bersejarah yang wajib kalian kunjungi saat berlibur ke Kota Solo, sebuah tempat eksotis yang menyimpan banyak muatan sejarah, termasuk desain arsitekturnya yang memiliki ciri khas tersendiri bagi Kota Surakarta.


Terletak tepat di pusat kota, tak jauh dengan beberapa landmark Kota Solo menjadikan keraton sangat strategis dan dengan mudah kita bisa mengunjungi keraton ini. Sungguh menakjubkan Keraton Surakarta ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Kalian bisa melihat berbagai koleksi yang tersimpan di dalam istana ini seperti barang - barang peninggalan raja-raja sebelumnya.


Bila kalian beruntung, kalian bisa menyaksikan upacara adat seperti Sekaten pada malam Maulid Nabi serta kirab kebo bule Kyai Slamet pada malam 1 suro di Keraton Surakarta. Inilah alasan Keraton Surakarta menjadi tempat wisata di Kota Solo yang diminati oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. kalian bisa memilih beragam sarana transportasi untuk mencapai lokasi, terutama becak dan andong. Sangat mudah dijangkau bukan?

~ ~ ~

Berikut adalah video perjalanan yang aku rekam dari awal sampai akhir.
Selamat menikmati!



5. Menginap di Airy Rooms Solo


Karena matahari mulai terbenam, aku memutuskan untuk menginap di hotel Airy Rooms. Pasti udah tau kan Airy Rooms? Airy Rooms bekerjasama dan bermitra dengan hotel-hotel berkualitas yang ada di Indonesia dengan menawarkan kamar hotel khusus dengan ciri khas Airy Rooms. Jadi, jangan bingung kalau ada Airy Rooms di hotel yang berbeda.

Satu yang aku suka dari Airy Rooms adalah mudahnya memesan kamar hotel dimanapun dan #KapanAjaBisa. Tinggal buka aplikasi Airy di smartphone, lalu pilih hotel terdekat dan lanjut proses pembayaran. Selanjutnya e-voucher akan terbit melalui email, dan kita bisa langsung cek-in di hotel dengan batas minimal jam 2 siang hari. 

Setelah jam menunjukkan pukul 5 sore, aku langsung bergegas menuju hotel Airy Eco Sumber Pajajaran yang jaraknya dekat dengan keraton Surakarta. Aku sengaja memilih hotel di sini salah satunya karena faktor jarak yang dekat, jadi lebih menghemat waktu dan biaya. Pokoknya, traveler sejati harus bisa memaksimalkan waktu dan biaya! Hehehe.

~ Airy Eco Sumber Padjajaran Satu Solo ~

 
Selain alasan lokasi yang strategis, mengapa aku memilih Airy yang ada di sini karena tempatnya yang unik dan beda daripada yang lainnya. Jika dilihat dari foto-foto di atas, tampak sebuah rumah yang tampak biasa dari luar namun di dalamnya sangat unik. Di tengah-tengah bangunan terdapat ruang santai yang atapnya tembus tanpa sekat. Lalu ada kursi-kursi dari rotan bambu yang nyaman, lengkap dengan alunan musik tradisional. 




Saat aku masuk, disambut dengan resepsionis yang ramah dan menanyakan aku sudah memesan apa belom. Setelah proses data diri dan meninggalkan kartu KTP sebagai jaminan, aku diberi kunci nomor 108. Yes, dekat dengan ruang santai!

Di ruang santai juga disediakan welcome drinking berupa teh atau kopi yang bisa kita racik sesuka hati. Resepsionis juga sempat ketawa waktu aku tanya apakah bayar bikin minuman di situ. Dia bilang, "Gratis mas!". Wah, bisa bikin kopi terus ini aku. :D

Setelah selesai meracik secangkir kopi hangat, akhirnya aku masuk ke kamar 108 dan aku siap istirahat!

~ Keistimewaan Airy Eco Sumber Padjajaran Solo ~


Pertama kali masuk ke kamarnya, kesan pertama adalah luas, bersih dan nyaman. Tiga kombinasi yang sukses bikin aku jatuh hati sama Airy Rooms ini. Kamarnya lapang dan ada space untuk berjalan bebas. Lalu kasurnya bersih dan rapi, ketika dicoba rebahan juga sensasinya empuk dan wangi. Suasananya juga seperti nuansa homey yang membuat nyaman dan berasa lagi di rumah.



Kemudian dari segi fasilitas, menurutku ini yang oke banget sih karena banyak yang disediakan. Dari segi hiburan ada layar TV kabel datar. Dari kenyamanan, ada AC pendingin ruangan yang bekerja dengan baik. Kemudian ada juga mealbox berwarna biru yang di dalamnya ada snack-snack dan juga air mineral. Dan yang paling penting : Wi-Fi ngebut!

Yang tak luput dari perhatianku yaitu adanya perlengkapan alat mandi yang terbilang komplit. Ada sikat gigi, odol, shampoo, sabun dan sisir yang dijadikan satu di dalam sebuah dompet biru khas Airy Rooms. Ada juga handuk yang disediakan di kamar mandi.

Dengan segala fasilitas yang diberikan, tentu Airy Rooms ini sangat memuaskan dari segi pelayanan dan fasilitas yang diberikan. Sepertinya Airy tahu betul bagaimana memanjakan para pelanggannya. :D

Selamat menginap di Airy Roms!

You May Also Like

2 komentar

  1. Wihhh makasih mas ulasannya, kebetulan pengen solo traveling ke solo dan butuh tempat nginep yang muree :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget bro terimakasih sudah mampir, murah banget kalo di Airy Room, udah berkali2 nginep & as always!! selalu dpt promo kamar hehe :))

      Hapus