Hidup Sehat ala GERMAS

by - 12.34.00




Salam semangat untuk kita semua, pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang kegiatan Temu Blogger Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kota Semarang dan beberapa Puskesmas terkait beberapa hari yang lalu. Kegiatan yang berfaedah pastinya untuk saya bagikan kepada teman – teman pembaca sekalian, karena saya ingin menyadarkan masyarakat kalau hidup sehat itu penting! Mending mana, sehat atau sakit?

Kegiatan dimulai pukul 07.00 pagi tanggal 27 November 2017, kita diwajibkan hadir tepat waktu mengingat pada tanggal itu adalah hari senin, pastinya kalian tahu dong kalau pada hari itu jalan di Semarang tidak bisa diajak kompromi untuk melakukan gerak cepat.


Sampailah saya di Dinas Kesehatan Kota Semarang, ternyata disana sudah banyak Blogger yang berkumpul didalam kantor, nah karena saya datang melebihi jam 07.00 maka saya harus menunggu diluar gerbang kantor terlebih dahulu karena di area lapangan kantor sedang diadakan apel pagi. ~bosyan

Apel sudah selesai waktunya berfoto bersama dan pembagian kelompok, oiyaa karena Blogger Kesehatan yang hadir pada saat itu berjumlah diantara 36 orang maka dibagi menjadi 2 kelompok atau 2 bus, saya beruntung mendapat kelompok pertama atau bus pertama yang akan mengunjungi Puskesmas 1 yaitu Puskesmas Gayamsari.

Dalam perjalanan kami isi dengan saling sapa dan beramah tamah, jarak antara Kantor Dinas Kesehatan dan Puskesmas Gayamsari tidak terlalu jauh, cukup menempuh sekitar 15 menit sudah sampai. 



Sesampainya di puskesmas, kita disambut oleh disambut oleh Bapak Heri Wibowo selaku Kepala Puskesmas Gayamsari. Beliau memaparkan tentang visi misi Puskesmas Gayamsari, dimana visinya yaitu menjadi pusat pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas menuju kecamatan Gayamsari yang mandiri untuk hidup sehat. Sedangkan misi dari Puskesmas Gayamsari adalah memiliki sumberdaya kesehatan yang memadai, meningkatkan perilaku dan peran aktif individu, keluarga & masyarakat dalam bidang kesehatan.



Saya mau nanya nih, apa sih kesan pertama kamu tentang puskesmas? Sempit? Kotor? Pelayanan ribet dan nggak cepet? Ternyata setelah saya ke puskesmas ini, semua bayangan hilang dan saya terkejut karena puskesmas sudah jauh lebih bagus dari sebelumnya saya berobat. Tepatnya waktu masih SD hehe. Ternyata, puskesmas jaman now sudah berkembang!

Sebagai informasi, fungsi Puskesmas itu ada 3 yaitu: penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama di wilayah kerjanya, penyelenggaran upaya kesehatan perorangan tingkat pertama di wilayah kerjanya, dan juga puskesmas bisa menjadi wahana pendidikan tenaga kesehatan.

Nah, ini penting nih. Ketika kita mau berobat, jangan melulu langsung ke Rumah Sakit, tapi kita bisa berobat ke puskesmas dahulu. Apabila puskesmas tidak bisa menangani, baru dirujuk ke Rumah Sakit. Dengan pelayanan serta program-program yang ada di Puskesmas jaman now, menurut saya berobat jadi jauh lebih mudah dan efisien.


Setelah kunjungan puskesmas, kini saatnya kita beranjak menuju The Wujil Resort yang ada di Ungaran! Yeay! Saya dan rombongan sesuai kelompok menaiki bis masing-masing dengan jarak tempuh sekitar 1 jam.

Sesampainya di The Wujil, kami langsung disambut dan dipersilahkan menuju ruang seminar selanjutnya yang dihadiri oleh Bapak Dr. Widoyono, MPH. selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang. Beliau menjelaskan tentang Kesehatan Masyarakat. Beliau menjelaskan menurut Pasal 1 UU 36/2009 Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinakan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Tahu nggak sih kalian, di Indonesia sendiri masih tinggi angka statistik orang yang melakukan hidup sehat. Satu lagi yang patut kita terapkan adalah pola gaya hidup yang sehat. Karena menurut beliau, angka orang sakit di Indonesia setiap tahun bertambah, maka menunjukkan masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan kesehatan, dan itu bermula dari gaya hidup sehat kita. Ada apa aja sih? Sesuai GERMAS, ada 3 langkah yaitu : Makan buah sayur, olahraga dan hindari rokok.

Satu lagi yang penting adalah : selalu rutin periksa kesehatan diri sendiri, atau check up. Bisa melalui puskesmas maupun rumah sakit. Saya sendiri sebenarnya pede-pede saja kalo tubuh saya sehat dan segar, namun saat tes kesehatan yang disediakan oleh pihak Dinkes, hasil menunjukkan gula darah saya melebihi batas normal. Saya kaget, loh padahal saya kan sudah hidup sehat?

Setelah saya telaah, saya menyadari kalo saya kurang makan sayur dan buah, lebih suka makanan yang digoreng dan banyak minyak. Waduh! Masa anak muda kayak saya sudah berpenyakitan, kan ngga oke banget. Dari sini saya berjanji akan hidup lebih sehat selalu dan mengajak teman-teman, termasuk pembaca, untuk selalu hidup sehat! 


Jadi, mari teman-teman kita sama-sama hidup sehat! Hidup GERMAS!

You May Also Like

0 komentar