Blogger Dukung GERMAS bareng Kemenkes

by - 20.30.00


Halo teman-teman, gimana kabarnya? Kondisi masih sehat dan nggak lagi sakit kan? karena kali ini aku mau bahas tentang kesehatan nih. Tepatnya aku diundang di acara temu blogger kesehatan yang diadakan oleh Kemenkes tanggal 28 Agustus 2017 kemarin. Mau tau keseruan ceritanya? Baca sampai akhir. :D

Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Santika Semarang yang dihadiri oleh 30 blogger dari Jakarta dan 20 blogger dari Semarang. Semua melebur jadi satu di sini. Awalnya sempat malu mau kenalan, tapi ternyata mereka ramah-ramah dan baik. Asyik, nambah relasi blogger ibukota nih. Tidak lupa ada juga jajaran penting dari Kemenkes yang datang di acara ini.

Tema seminar hari itu adalah "mari hidup sehat dengan GERMAS". Nah lho, apa itu germas? semacam dedek gemas kah? Bukan! Jadi GERMAS adalah sebuah dukungan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dirancang oleh Bapak Presiden untuk memajukan kualitas hidup kita. Emang, ada ya yang mau sakit? enggak kan?



Sesi pertama diisi dengan Bapak Indra Rizon sebagai SKM, M.Kes, Kepala Bagian Hubungan Media dan Lembaga. Beliau menjelaskan panjang lebar tentang bahaya hoax yang sekarang lagi marak terjadinya, apalagi tren hoax tentang kesehatan yang tentu meresahkan masyarakat Indonesia. Indonesia masuk dalam tahap krisis hoax.

Nah, ini dia peran kita sebagai blogger ataupun penggiat sosial media untuk ikut menyebarkan berita-berita yang benar tanpa berita miring yang belum terbukti kebenarannya. Salah satunya kita harus menyebarkan tentang info-info pola hidup yang sehat, dengan GERMAS.


GERMAS itu ngapain aja sih? Nah ada 7 langkah kok biar hidup kita bisa jadi sehat :

  • Rutin melakukan aktifitas fisik
  • Mengonsumi sayur dan buah
  • Memeriksa kesehatan secara rutin
  • Tidak Merokok
  • Tidak mengonsumsi alkohol
  • Membersihkan lingkungan
  • Menggunakan jamban
Sudahkah kalian melakukan 7 langkah di atas? Kalau belum, ayo mulai berubah dari sekarang. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Kalau udah sakit nanti jadi repot, apalagi sampai kronis. Untuk itu, mari dukung gerakan hidup sehat, GERMAS!



Oh iya, hampir kelupaan nih. Jadi di pembuka acara dan tiap sesi pembicara berakhir, kita diajak buat... senam peregangan! Senam ini dilakukan biar tubuh kita beraktifitas dengan cara yang menyenangkan. Durasinya cuma 3 menit aja, bisa banget lho kalian coba di rumah kalau lagi senggang gitu. Video full ada di youtube banyak. :D

Kemudian sesi berikutnya diisi dengan Pak Dokter sekaligus blogger kesehatan yang aktif menulis, dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD, KGEH, Ketua Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam (PAPDI). Beliau lebih dikenal dengan Pak Ari adalah spesialis penyakit dalam tidak menular.

Di sesi ini Pak Ari menekankan kita untuk selalu rutin check up kondisi tubuh kita, karena kita tidak tahu apakah ada penyakit yang mulai hinggap di dalam tubuh kita. Biasanya, penyakit-penyakit seperti jantung, diabetes, stroke mulai muncul pertanda seperti nyeri-nyeri gitu. Makanya, check up itu penting sebagai alarm pengingat kita.


Bapak Ari menjelaskan bahwa survey mengatakan 5 penyakit kronis yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia adalah : Peningkatan kadar asam urat, Peningkatan kadar gula darah atau Diabetes, Perlemakan hati dan hepatitis kronis, Anemia dan Hipertensi. Semua karena apa? Balik lagi, karena faktor kebiasaan pola buruk kita sendiri. :'(

Beliau memberi tips-tips agar kita tidak terkena penyakit tersebut, yaitu : Banyak minum air putih mininal 8 gelas sehari, Banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan, Istirahat yang cukup, Tidak merokok dan Olahraga yang teratur. Yuk, mulai berubah!


Sesi terakhir di acara ini telah hadir Bapak Yulianto sebagai Kepala Dinkes Provinsi Jateng. Beliau memaparkan tentang Jateng Gayeng Dukung Germas. Beliau menjelaskan bahwa penting adanya keterpaduan peran dalam penanganan masalah kesehatan. Selain itu, beliau juga memaparkan tentang 3 pilar Program Indonesia Sehat, yaitu:
1. Paradigma Sehat, Programnya: promotif-preventiv sebagai landasan pembangunan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, keterlibatan lintas sektor
2. Penguatan Yankes, Programnya: peningkatan akses terutama pada FKTP, optimalisasi sistem rujukan, peningkatan mutu
3. JKN, Programnya: benefit, sistem pembiayaan, kendali mutu dan biaya, sasaran: PBI dan Non PBI


---

Semoga dengan gerakan dukungan GERMAS yang kita majukan bersama-sama ini bisa menjadi langkah positif untuk masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat dan lebih maju. Ingat, negara akan maju bila kualitas masyarakat yang ada di negara tersebut juga maju. Bagaimana caranya menjadi masyarakat yang maju? salah satunya dengan meningkatkan kualitas hidup yang sehat.

Dari seminar ini, aku bisa dapat banyak sekali informasi dan pengalaman yang tak terlupakan. Semoga artikel ini dan tentu ilmu yang sudah aku dapat bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Ingat, terus ajak orang sekitarmu untuk dukung GERMAS ya!


You May Also Like

0 komentar